Minggu, 21 Februari 2010

Pentarifan Telekomunikasi

Charging adalah pentarifan yang dikenakan kepada pelanggan yang menggunakan jasa telekomunikasi baik jarak jauh mapun dekat dengan berbagai tipe


1. Warung Telekomunikasi
Di dalam wartel terdapat kamar bicara umum (KBU) berisi pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antarwilayah, interlokal (SLJJ), maupun sambungan langsung internasional.

Pentarifan:Biaya pemakaian jasa telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang berlaku ditambah tarif pelayanan.


2. SLJJ
Merupakan layanan komunikasi jarak jauh antar pelanggan yang masih dalam satu wilayah negara. Pada umumnya, pelanggan-pelanggan tersebut berada dalam wilayah kode area yang berbeda.

Pentarifan: Dihitung berdasarkan kode wilayah/seluler, jarak tujuan, lama pembicaraan, dan rentang waktu dimulainya pembicaraan tersebut.

3. SLI di Indonesia

Akses SLI di Indonesia tidak langsung dapat diperoleh oleh pelanggan telepon tetap. Akses SLI diperoleh dengan cara mendaftar dengan mengisi formulir di Service Point Telkom terdekat.

Hingga saat ini ada tiga operator SLI yang ada di Indonesia yaitu Telkom dengan kode akses 007 (premium) dan 017 (tarif hemat), Indosat dengan kode akses 001 (premium) dan 008 (tarif hemat) dan Bakrie Telecom dengan kode akses 009. Dengan semakin banyaknya operator SLI diharapkan tarif SLI dapat semakin turun.[1]

Pentarifan: dihitung berdasarkan kode operator, kode negara, lama pembicaraan, dan tipe tarif/unit


4. Leased Line
eased line adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik.

Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus.

Pentarifan: Leased line memiliki beberapa tingkatan tarif yang bergantung kepada lebar jalur data (Bandwidth) yang mampu dikirimkan melalui leased line tersebut.


5. Internet
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Pentarifan: dihitung berdasarkan lamanya pemakaian.

6.SMS Premium
SMS Premium adalah sebuah layanan ponsel yang memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi terbaru tentang berita, olahraga, dunia hiburan, dll, mendapatkan ramalan zodiak terbaru, mengikuti undian berhadiah, mendapatkan nada sambung pribadi, bahkan juga digunakan untuk memilih peserta favorit kita dalam sebuah acara realitas di televisi dan lainnya. SMS Premium merupakan sebuah perkembangan teknologi komunikasi. Dengan hanya menggunakan 4 digit angka ke nomor tujuan yang dapat diingat, kita sudah dapat mengakses layanan tersebut.

Pentarifan:Metode pentarifan yang digunakan pada layanan ini ada dua yakni MO (Mobile Originating) dan MT (Mobile Terminating). MO berarti tarif akan langsung dikenakan begitu pelanggan mengirimkan SMS. Sedangkan pada MT, tarif akan dikenakan begitu pelanggan mendapatkan kontennya atau begitu SMS balasannya diterima.

Tentang penerapan tarif dan berapa hasil yang didapat oleh content providernya tergantung dari ketentuaan dan kesepakatan yang dengan pihak operator. Tetapi yang jelas, untuk layanan SMS ini, operator akan menyisihkan atau menetapkan biaya bearer sebelum jumlah bagi hasil ditentukan. Misalnya tarif layanannya adalah Rp. 2000,- yang aakan didapatkan oleh content provider adalah Rp.2000,- dikurang biaya bearer (SMS) sesuai ketentuan yaitu Rp.350,- sisanya adalah Rp.1650,- lalu dibagi sesuai dengan porsi bagi hasilnya. Jika aturannya adalah fifty-fifty maka baik penyedia layanaan maupun operator akan mendapatkan Rp.825,- per SMS.

Pentarifan_Telekomunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar